Headlines News :
Home » , » Kota Padang Ikuti Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional

Kota Padang Ikuti Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional

Written By berita agam on 15 September 2011 | 8:36:00 AM

Berita Padang- Tahun ini merupakan tahun ke-4 keikutsertaan Kota Padang mengikuti Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan dalam kurun waktu satu kali dalam dua tahun. Hal ini termasuk prestasi yang menggembirakan, mengingat Padang sempat dilanda bencana beberapa tahun yang lalu.

Wakil Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP beserta pimpinan SKPD Kota Padang dan Pengurus Kota Sehat Kota Padang menyambut kedatangan Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional di Aula Balai Pembibitan Benih Pertanian Kota Padang di Sungai Lareh Lubuak Minturun Rabu (13/9).

Wakil Walikota Padang Mahyeldi menegaskan faktor utama untuk menciptakan Kota Sehat adalah lingkungan yang sehat. Dengan Lingkungan yang sehat akan menambah keindahan kota Padang.

“Berbicara masalah kesehatan bukan hanya tentang orang sehat dan orang sakit saja, tetapi bagaimana kita memperbaiki dan membenahi lingkungan, termasuk lingkungan kantor, lingkungan pasar, lingkungan industri, transportasi, lingkungan perumahan,”ujar Mahyeldi

Mahyeldi juga mengatakan keikutsertaan Kota Padang dalam lomba Kota Sehat diawali dari tahun 2003 yang mana merupakan tahun pertama keikutsertaan Kota Padang pada Lomba Kota Sehat tersebut dan mampu melaksanakan 3 tatanan dan meraih penghargaan Swasti Saba Padapa. Di tahun kedua keikutsertaan yaitu pada tahun 2005 Kota Padang bisa melaksanakan 5 tatanan dan meraih penghargaan dari pemerintah nasional berupa Swasti Saba Padapa.

Puncak prestasi verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional dicapai 2 tahun kemudian tepatnya tahun 2007, Kota Padang mampu melaksanakan 7 tatanan dan memperoleh penghargaan Swasti Saba Wistera.Di tahun ke-4 ini Kota Padang mengikuti 9 tatanan yang terdiri dari Kawasan Pemukiman Sarana dan Prasarana Umum Sehat, Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi, Kawasan Pariwisata Sehat, Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, Kawasan Pertambangan Sehat, Kawasan Hutan Sehat, Ketahanan Pangan dan Gizi, Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, dan Kehidupan Sosial yang Sehat.

Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos juga mengatakan tujuan dan sasaran Kota Sehat adalah terciptanya lingkungan yang sehat, bebas pencemaran, pemukiman yang teratur sesuai rencana dan tata ruang serta terwujudnya masyarakat yang saling tolong-menolong dengan pola hidup sehat. Juga dapat menciptakan perilaku masyarakat yang proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kondisii masyarakat dan mencegah ancaman timbulnya berbagai penyakit masyarakat. Serta terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu dari aparatur atau pelaku kesehatan terhadap masyarakat sesuai standar profesi dan etika pelayanan.

Rombongan tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional diketuai oleh Barlian,M.Kes dari Kementrian Kesehatan dengan anggota Gusri Endah Suwarni dari Kementrian Kesehatan, Dahlia dari Kementrian Kesehatan, Syamrizal dari Kementrian Dalam Negeri dan Sutopo Sujiarno dari Kementrian Kehutanan.

(sumber : padangmedia.com)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger