Headlines News :
Home » , » Kelompok Tani Sarumpun Indah Buka Lahan Untuk Penanaman Sejuta Pohon

Kelompok Tani Sarumpun Indah Buka Lahan Untuk Penanaman Sejuta Pohon

Written By berita agam on 15 September 2011 | 8:20:00 AM

Kelompok Tani Sarumpun Indah Jorong Canduang Guguak Katiak Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang memberikan lahannya seluas 800 m2 untuk mengalakkan penanaman sejuta pohon pohon oleh masyarakat rantau, anak nagari dan pemerintah.

Hal itu diungkapkan oleh Y. Basa Batuah selaku Ketua Kelompok Tani Sarumpun Indah kepada repoter, Selasa (13/09).

Y.Basa Batuah menambahkan lahan itu dibuka di daerah Pandam Rawang Jorong Guguak Katiak Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang dan ini dilakukan karena rasa kepedulian terhadap lingkugan serta menjawab tentang keterbatasan lahan tersedia untuk usaha pembibitan.

Tanaman yang dibibitkan berupa Mahoni, Surian, madang dan Petai yang diisikan ke dalam 50 ribu kantong polibek, bibit diambil dari lahan anggota kelompok sendiri sedangkan yang tidak ada dipesan ke Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan ungkap Y.Basa Batuah.

Dilain pihak Raflizar sebagai Penyuluh Pertanian Kecamatan canduang mengungkapkan, dana untuk operasional pengadaan bibit di bantu dari Departemen Kehutanan Republik Indonesia melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam sebanyak Rp.54 juta rupiah melalui program Kebun Bibit Rakyat sementara ini dana bantuan baru cair sekitar 21 juta rupiah dengan volume pekerjaan 40 % dan dana akan dicairkan seluruhnya setelah pekerjaan rampung 90 %.

Thamrin HK. Dt. Pangeran S.Sos Wali Nagari Canduang Koto Laweh berharap kegiatan ini bisa bermamfaat untuk kita semua seperti yang pernah dilakukan oleh Kelompok Saga Jorong Lasi Mudo sebelum ini, kata mengakhiri. 

(sumber : agammediacenter.blogspot.com)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger