Headlines News :
Home » , » Sejarah Singkat SMAN 2 Lubuk Basung

Sejarah Singkat SMAN 2 Lubuk Basung

Written By berita agam on 12 Agustus 2011 | 2:44:00 PM

Sejarah SMAN 2 Lubuk Basung
Pada tahun 1978 berdirilah sebuah yayasan yang bernama Yayasan Pendidikan Kecamatan Lubuk Basung (YPKL). Yayasan ini di ketuai oleh Drs. Syamsul Bahri yang masa itu juga menjabat sebagai kepala sekolah SMAN 1 Lubuk Basung dan sekretaris yayasan pada masa itu adalah Syukri Anwar yang juga merupakan Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Lubuk Basung.

Mulanya YPKL ini menumpang di lahan SMA 1 Lubuk Basung yaitu di daerah sampan, Kemudian di pindahkan ke daerah pasar beringin Lubuk Basung, dan pindah lagi ke kawasan Pincuran 7. Namun seiring perkembangan SMA ini maka pada tahun 1981 didirikanlah bangunan permanent di kawasan Padang Pusaro (sekarang Padang Baru) di atas tanah seluas 16000 m2 yang disumbangkan oleh 2 pasukuan yaitu Melayu dan Chaniago. Pada saat itu sekolah ini hanya mempunyai 7 lokal dan 2 lokal di Bantu oleh kanwil pendidikan.

SMA 2 Sri Antokan
Setelah melewati banyak tantangan maka yayasan ini di negerikan oleh pihak terkait pada tahun 1986 dan diberi nama SMA Sri Antokan yang dikepalai oleh Fachri Nawawi. Satu tahun kemudian Hawadis BA menggantikannya sebagai kepala sekolah.dan pada tahun 1988 kepala sekolah diganti lagi oleh Chairil Anwar yang menjabat sampai tahun 1994. Setelah itu di ganti lagi dengan Syafnir Abu Nain.Tahun 1996, Syafnir Abu Nain pensiun dan diganti lagi oleh Syafarni Budaya Putra. Namun 1,5 tahun kemudian Kepala sekolah diganti lagi oleh Dra.Afni Harum, dan pada saat kepemimpinan beliau SMA Sri Antokan berubah nama menjadi SMA 2 Sri Antokan. Hanya berselang 2 Tahun, lagi-lagi kepala sekolah diganti dengan Drs.Darpis, dan beliaulah yang paling lama menjabat sebagai kepala sekolah paling lama di SMA 2 Sri Antokan. Pada kepemimpinan Drs.Darpis ini SMA Ari Antokan 2 kali berganti nama yaitu SMU 2 dan Kemudian berganti lagi dg SMA 2. Kemudian Drs.Fauzir datang menggantikan beliau sebagai Kepala Sejolah Kemudian diganti lagi dengan Drs.Baharuddin Lubis,M.pd yang sampai sekarang masih menjabat Sebagai Kepala SMA N 2 Lubuk Basung yang mempunyai Potensi Yang sangat besar dan prestasi yang tinggi.

sumber : Tulisan Rizki Dimardzio
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger