Headlines News :
Home » , » Indahnya Puasa Bulan Ramadhan

Indahnya Puasa Bulan Ramadhan

Written By berita agam on 29 Juli 2011 | 10:02:00 AM

Puasa Bulan Ramadhan merupakan suatu kegembiraan yang besar bagi umat Muslim, karena pada bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan ini, Allah lipatgandakan amal-amal kebaikan, disyariatkan amal-amal ibadah yang agung, dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka. Sungguh Allah telah memuliakan Bulan Ramadhan ini dan menjadikan sebagai salah satu musim besar untuk menggapai kemuliaan oleh karenanya kita diwajibkan melakukan amal ibadah Puasa Bulan Ramadhan.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam telah menyampaikan kabar gembira kepada para sahabatnya tentang datangnya Bulan Ramadhan.
"Telah datang Bulan Ramadhan yang penuh keberkahan, Allah memajibkan kalian berpuasa padanya, pintu-pintu surga dibuka pada bulan itu, pintu-pintu neraka ditutup, dan para setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat malam (kemuliaan / lailatur qadr) yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalangi (untuk mendapatkan) kebaikan malam itu maka sungguh dia telah dihalangi (dari keutamaan yang agung)" - HR Ahmad (2/385), An-Nasa'i (2106).
Imam Ibnu Rajab, mengatakan tentang hadist ini :
"Bagaimana mungkin orang yang beriman tidak gembira dengan dibukanya pintu-pintu surga?"
"Bagaimana mungkin orang yang pernah berbuat dosa (dan ingin bertobat serta kembali kepada Allah) tidak gembira dengan ditutupnya pintu-pintu neraka?" dan
"Bagaimana mungkin orang yang berakal tidak gembira ketika para setan dibelenggu?"

(Kitab Ibnu Rajab Latho-iful ma'aarif-174)
Untuk itu sambutlah indahnya Puasa Bulan Ramadhan dan raih keutamaan-keutamaan yang ada pada Bulan Ramadhan, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda tentang kegembiraan orang yang berpuasa :
"Orang yang berpuasa akan merasakan dua kegembiraan (besar) : kegembiraan ketika berbuka puasa dan kegembiraan ketiak dia bertemu Allah" (HR. Bukhari-7054 dan Muslim-1151)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger