Headlines News :
Home » , , » Longsor Palupuh - Pasaman

Longsor Palupuh - Pasaman

Written By berita agam on 26 Desember 2012 | 9:34:00 AM

Pada hari Senin tanggal 24 Desember 2012 terjadi longsor di Kabupaten Agam disebabkan curah hujan yang tinggi dari siang hingga tengah malam. Dua rumah, satu Puskesmas Pembantu (Pustu) dan badan jalan lintas Palupuh-Pasaman tertimbun oleh longsor selama lebih kurang 10 jam di Nagari Nan Situjuh, Kecamatan Palupuh.
Arus jalan yang tertimbun longsor kembali normal setelah didatangkan satu unit alat berat untuk membuang material longsor pada selasa dini hari sehingga jalan pada paginya sudah dapat dilewati lagi oleh masyarakat setempat.. Tidak ada korban dalam musibah longsor ini, meskipun demikian rumah dan puskesmas pembantu yang tertimpa longsor tidak bisa difungsikan lagi.
Menurutn Bambang Warsito, "bila curah hujan tinggi dan berlangsung cukup lama tanah longsor berpotensi terjadi karena tanah di kawasan perbukitan di sepanjang jalan Palupuh dan Maninjau sangat labil diharapkan masyarakat untuk waspada".
Sementara itu, hal yang sama juga disampaikan Asisten I Martias Wanto, Pustu Sipisang Haraban Nagari Nan Tujuah, Palupuh tertimpa longsor sore ini akibat hujan lewat dan menutupi jalan Palupuh - Pasaman dimana juga terjadi longsor di Nagari Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya.
 
Berkat kesiagapan BPBD Agam bersama SKPD terkait, malam tertimpa longsor, paginya Koto Malintang maupun Palupuh sudah dapat dilewati.  
 
Bupati Agam Indra Catri menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan mengingat curah hujan yang cukup tinggi saat ini, hingga berpotensi longsor terjadi di kawasan perbukitan sepajang jalan Palupuh tersebut, dan beliau meminta warga yang tinggal di bawah perbukitan untuk selalu waspada terlebih saat hujan turun. Untuk daerah Palupuh dan Maninjau segera ditangani. Mengingat cuaca, diminta seluruh anggota penanggulangan bencana yang berada dilapangan untuk tetap siaga menghadapi bencana.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger