Headlines News :
Home » , » Marapi Meletus, Pertanian jadi Subur

Marapi Meletus, Pertanian jadi Subur

Written By berita agam on 29 September 2012 | 9:58:00 AM

Agam, Padek—Meletusnya Gu­nung Marapi sekitar pukul 16.30 Wib, Rabu (26/7), tidak membuat mas­yarakat, terutama yang berada di kaki gunung, tersentak kaget. Ta­­pi malah sebaliknya, cuek-cuek sa­ja dan tetap beraktifitas seperti bia­sa.

Sebagian besar masyarakat di kaki Gunung Marapi justru menga­ku tidak mengetahui ada letusan. Yang mengetahui ada letusan, jus­tru menganggap adalah hal yang biasa, karena dengan adanya letu­san Gunung Marapi pertanian war­ga bakal menjadi subur.

Dahniar, 50, warga Sariak, Ke­ca­matan Sungaipua, mengata­kan, ti­dak ada yang perlu di­khawatirkan de­ngan meletusnya gu­nung Ma­ra­pi, karena dengan me­letusnya gu­nung Merapi akan me­­nyu­bur­kan pertanian masya­rakat.

Pengakuan yang sama juga di­ung­kapkan Menan, 55, warga Gobah, Ke­camatan Canduang. Dia me­nye­butkan, meletusnya Gunung Marapi, selain akan menyuburkan pertanian, juga membuktikan Gunung Marapi normal sebagai gunung aktif.

”Yang kita takutkan justru Gu­nung Marapi tidak pernah mele­tus, se­hingga suatu saat tiba-tiba me­mu­n­tahkan lahar panas,” jelas­nya. K­e­­duanya mengungkapkan keti­dak-khawatirannya terhadap akti­fi­tas Gunung Marapi yang sudah mulai meningkat.

Terpisah, petugas Pusat Volka­nologi dan Metigasi Bencana Geo­logi (PVMBG) Bukittinggi, Har­tono, mengatakan, status Gu­nung Ma­rapi masih tetap waspada level II, sehingga pihaknya melarang mas­yarakat mendekati puncak gu­nung sejauh tiga kilometer.

Menurut dia, letusan Gunung M­a­rapi yang terjadi sekitar pukul 16.30 WIB mengeluarkan abu vul­kanik setinggi 1.500 meter di atas puncuk gunung tergolong kuat dari le­­tusan sebelumnya. “Peningkatan sta­­­tus Gunung Marapi dari normal men­­jadi waspada level II dite­tap­kan sejak 3 Agustus 2011,” ujarnya. (edi)

Sumber : padang ekspress
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger