Headlines News :
Home » » Ampek Angkek Bakal Jadi Sentra Sulaman Indonesia

Ampek Angkek Bakal Jadi Sentra Sulaman Indonesia

Written By berita agam on 28 Januari 2012 | 11:11:00 AM

Insya Allah kalau tidak ada aralmelintang, hari ini Sabtu 28 Januari 2012 Kecamatan Ampek Angkek akan dikunjungan dua orang isteri menteri, masing-masing isteri menteri Dalam Negeri yang juga Ketua Umum TP. PKK Pusat, Ny. Vita Gamawan Fauzi dan isteri Menteri Energi Sumber Daya Manusia Ny. Jero Wacik serta Dirut PT. PLN Nur Parmudji.

Menurut Ketua Dekranasda Agam Ny. Vita Indra Catri ketika menjawab wartawan Jumat ( 27/! ) via ponselnya mengatakan. kehadiran ibu-ibu menteri itu terkait dengan Nagari Balai Gurah Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, terpilih sebagai daerah sentral sulaman Indonesia oleh Yayasan Sulaman Indonesia (YSI).

Dikatakan Ny. Vita Indra Catri, saat ini Kecamatan Ampek Angkek sibuk mempersiapkan grand launching yang dilakukan  pada bulan Juni mendatang."Daerah Balai Gurah Kecamatan Ampek Angkek ini dinyatakan layak oleh Yayasan Sulaman Indonesia untuk daerah sentra sulaman," kata Ny. Vita

Kunjungan yang juga akan mengikutsertakan jajaran kepengurusan Dekranas Pusat itu akan diselenggarakan di Galerry Dekranasda Agam di Pasar Agropolitan Jorong Koto Hilalang Nagari Lambah Kecamatan Ampek Angkek.

Khusus untuk kegiatan perdananya atas rencana pencanangan Balai Gurah Ampek Angkek sebagai Sentra Sulaman Indonesia itu adalah   pembukaan pelatihan yang akan dibuka pada hari ini Sabtu ( 27/1 )., langsung dihadiri  Ny. Vita Gamawan Fauzi, dan Ny. Jero Wacik dan Direktur Utama PT. PLN Nur Parmudji.

' Wujud dari keseriusan itu, sebanyak  15 orang pengrajin sulaman di daerah tersebut untuk dilatih oleh desaigner profesional dari Jakarta setiap minggu selama enam bulan kedepan melalui pembelajaran desaigner, paduan warna, dan gambar yang sedang trend.

Usia untuk pengrajin yang dipilih untuk dilatih ini, berusia antara 35-50 tahun dengan tujuan agar bisa menjadi pelatih di daerah tersebut dan mengembang kerajian sulaman itu.

Ditambahkan kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Agam H. Hadi Suryadi, SH, setelah 15 pengrajin mahir, pada Oktober 2012 akan dilakukan demo sulaman yang telah jadi dan festival sulaman se-ASEAN di Kota Bukittinggi dan langsung dihadiri Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono dan para istri menteri lainnya. 
 
[agam media center]
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger