Headlines News :
Home » , » Pemerintah Agam Luncurkan e-KTP 21 September

Pemerintah Agam Luncurkan e-KTP 21 September

Written By berita agam on 19 September 2011 | 8:28:00 AM

Lubukbasung  - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, meluncurkan Program Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada Rabu (21/9).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Agam Fauzir di Lubukbasung, Minggu, mengatakan dalam peluncuran tersebut akan dilakukan uji coba konektisitas data dari Kecamatan Lubukbasung ke pemerintahan pusat.

Ia mengatakan alat perekam dan jaringan sudah dipasang sebelumnya.
"Alat perekam dan jaringan sudah kami pasang tetapi belum tahu apa bisa terkoneksi dengan pusat atau tidak," katanya.
Dari 16 kecamatan se-Kabupaten Agam, katanya, baru Kecamatan Tanjung Raya dan Lubukbasung yang sudah dilengkapi peralatan pembuatan KTP elektronik sedangkan untuk 14 kecamatan lainnya masih menunggu peralatan dari Jakarta.
"Perangkat serta peralatan jaringan didatangkan dari Kemdagri dan langsung dilakukan pemasangan instalasi jaringan. Minggu ketiga Juli 2011 telah dilakukan bimbingan teknis dan pendampingan teknis terhadap operator dan pelaksana kecamatan," katanya.
Ia mengatakan untuk mensukseskan Program KTP Elektronik (e-KTP) itu, Disdukcapil sudah mempersiapkan segala perlengkapannya seperti ruangan, pelaksana rekam data setiap kecamatan, alat rekam data berupa personal komputer, "finger print", "signature pad", kamera digital dan lain sebagainya.
"Untuk sosialisasi sudah kami laksanakan pada11-12 Mei lalu yang dibuka langsung oleh Bupati Agam Indra Catri," katanya.
Sosialisasi digelar mulai dari tingkat kabupaten sampai ke nagari (desa adat) melalui pelaksanaan rapat kerja kecamatan dan nagari serta membetuk tim intensifikasi yang secara intensif memonitor pemantapan persiapan pelaksanan KTP elektronik di setiap kecamatan.
"Tim ini terdiri dari empat kelompok yang masing-masing kelompok bertanggung jawab atas empat kecamatan," kata Fauzir.
Sedangkan untuk pelaksanaan KTP elektronik, telah disusun dua tim inti, yakni tim desk dan tim kerja tingkat kabupaten yang bertugas dalam penentuan kebijakan serta pelaksanaan langsung rekam e-KTP.

Untuk kelancaran pelaksanaan KTP elektronik, Disdukcapil Kabupaten Agam selalu berkoordinasi dengan Ditjend Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Saat ini Disdukcapil Kabupaten Agam terus melakukan pembenahan agar pelaksanaan KTP elektronik berjalan baik.

(sumber : antara-sumbar.com)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Agam | Kabupaten Agam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Rasyid
Proudly powered by Blogger